Cara Pindah Kewarganegaraan Lengkap dengan Syarat Dokumen yang Diperlukan

Posted on

Sempat terbersit di pemikiran untuk geser kewarganegaraan? Berikut langkah geser kewarganegaraan komplet dengan ketentuan geser kewarganegaraan yang harus disediakan.

Status kewarganegaraan

Tiap orang di satu negara yang disebut turunan dari orangtua yang dari negara itu, karena itu automatis akan memperoleh posisi kewarganegaraan di negara itu . Jika orang itu ialah turunan dari orangtua yang dari luar negeri, karena itu posisi kewarganegaraannya jadi ganda, sampai orang itu dapat pilih posisi kewarganegaraan untuk dirinya.

Dalam Undang-Undang, masalah tentang Kewarganegaraan Indonesia ditata di Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2006, serta Ketentuan Pemerintah (PP) Nomor 2 Tahun 2007.

Metode Melepas Status Kewarganegaraan Indonesia

seseorang yang ingin melepas posisi Kewarganegaraan Indonesia harus lewat petinggi serta Menteri Hukum serta HAM sebelum ditetapkan oleh presiden. Untuk melepas kewarganegaraan Indonesia, tiap pemohon harus mempunyai kewarganegaraan lain dulu. Permintaan kehilangan Kewarganegaraan Republik Indonesia disodorkan dengan cara tercatat oleh yang berkaitan ke Presiden lewat Menteri, yang dibikin dengan bahasa Indonesia di atas kertas bermaterai. Dan dilampirkan beberapa dokumen di bawah ini.

Geser negara perlu ketentuan serta dokumen apa sajakah? Berikut dokumen untuk geser negara:

  1. Fotocopy akte kelahiran atau surat yang menunjukkan kelahiran pemohon yang disahkan oleh Kepala Perwakilan Republik Indonesia.
  2. Foto copy akte perkawinan/buku nikah, akte perpisahan, atau akte kematian isteri/suami pemohon yang disahkan oleh Kepala Perwakilan Republik Indonesia. 
  3. Foto copy Surat Perjalanan Republik Indonesia atau KTP yang disahkan oleh Kepala Perwakilan Republik Indonesia.
  4. Surat info dari perwakilan negara asing jika dengan kehilangan Kewarganegaraan Republik Indonesia pemohon bisa menjadi masyarakat negara asing itu. 
  5. Cocok photo pemohon yang paling baru memiliki warna ukuran 4×6 sekitar 6 helai.

Metode Mendapatkan Status Kewarganegaraan Indonesia

Sesaat buat Anda yang ingin mendapatkan posisi kewarganegaraan Indonesia, karena itu hal pertama yang perlu dilaksanakan ialah penuhi kriteria jadi WNI atau Masyarakat Negara Indonesia.

Menurut UU, minimal ada 13 kelompok WNI dilihat dari langkah memperolehnya. Beberapa orang yang tidak termasuk juga dalam ke-13 persyaratan itu dapat juga memperoleh posisi kewarganegaraan untuk WNI, tetapi ada banyak ketentuan spesial yang perlu dipenuhi.

Seterusnya, menjadi WNI Anda harus ajukan permintaan ke Presiden Indonesia. Permintaan itu disodorkan di Indonesia dengan cara tercatat dengan bahasa Indonesia di atas kertas bermaterai, diperlengkapi dengan beberapa dokumen simpatisan untuk lampiran. 

  1. Fotocopy akte kelahiran atau surat yang menunjukkan kelahiran pemohon yang disahkan oleh Kepala Perwakilan Republik Indonesia. 
  2. Foto copyakte perkawinan/buku nikah, akte perpisahan, atau akte kematian isteri/suami pemohon yang disahkan oleh Kepala Perwakilan Republik Indonesia. 
  3. Surat info keimigrasian yang dikeluarkan oleh kantor imigrasi yang daerah kerjanya mencakup rumah pemohon yang mengatakan jika pemohon sudah berada tinggal di daerah negara Republik Indonesia paling singkat semasa 5 tahun dengan cara beruntun, atau paling singkat 10 tahun tidak beruntun. 
  4. Foto copy kartu izin tinggal masih yang sudah disahkan oleh Petinggi. 
  5. Surat info sehat rohani dan jasmani dari rumah sakit. 
  6. Suratpengakuan pemohon bisa berbahasa Indonesia. 
  7. Suratpengakuan jika pemohon mengaku landasan negara Pancasila serta Undang-Undang Landasan Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
  8. Suratinfocatatan dari kepolisian yang daerah kerjanya mencakup rumah pemohon. 
  9. Surat info dari perwakilan negara pemohon jika dengan mendapatkan Kewarganegaraan Republik Indonesia, pemohon tidak jadi berwarganegara ganda. 
  10. Surat infodari camat yang daerah kerjanya mencakup rumah pemohon, jika pemohon mempunyai pekerjaan serta/atau berpendapatan permanen. 
  11. Bukti pembayaran uang Pewarganegaraan, dan ongkos permintaan ke kas negara. 
  12. Cocok photo pemohon yang paling baru memiliki warna ukuran 4×6 sekitar 6 helai.

Demikian langkah geser kewarganegaraan komplet dengan ketentuan dokumen yang harus disediakan dan langkah mendapatkan posisi kewarganegaraan Indonesia.

Kontributor : Rishna Maulina Pratama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *