Orang Amerika Tidak Banyak yang Gunakan WhatsApp, Mengapa?

Posted on

Siapakah yang tidak paham WhatsApp, program messaging yang sudah diakusisi dan jadi anak perusahaan Facebook Inc. ini berbasiskan di Amerika Serikat. Walaupun demikian, rupanya WhatsApp tidak demikian terkenal di daerah halamannya sendiri, dari dahulu sampai saat ini.

WhatsApp cuman dipakai oleh 19 pesen pemakai internet di AS, berdasar laporan dari We Are Social dan Hootsuite pada 2020. Ini jauh terpaut dari prosentase pemakai Yowinjoker di negara Indonesia, yang rupanya 84 % warganya memakai WhatsApp. Apa yang membuat warga AS malas memakai program ini?

Ada banyak fakta kenapa WhatsApp tidak terkenal di AS

Ke-1, orang Amerika benar-benar memprioritaskan privacy, berdasar survey Science dan Engineering Indicators 2018.

Kedatangan WhatsApp yang mempunyai feature untuk posisi (sharing location), posisi online-offline pemakai, posisi sedang menulis, memungkinkannya membuat beberapa warga tidak nyaman dengan sejumlah fitur itu. Meskipun dapat ditata, hal itu mengusik kenyamanan dan keamanan individual pemakai di AS.

Ke-2 , harga paket data di Amerika Serikat tidak semurah ongkos telephone dan/atau SMS reguler. Beberapa operator mobile di Amerika sudah menetapkan biaya masih dan gratis telephone sepanjang waktu spesifik.

Kedatangan WhatsApp yang memberi feature telephone atau video call “gratis” ini cuman dapat dipakai bila piranti tersambung WiFi. Bila tidak, pemakai akan dikenai biaya data dan pemakaiannya dapat habiskan paket data dalam jumlah yang kebanyakan.

Ke-3 , umumnya pemakai di AS sudah memakai handphone yang mempunyai program pesan bawaan, seperti iMessage pada iOS. Dengan kehadiran program yang telah dipermudahkan dan feature yang lebih komplet, mereka berasa tak perlu mengambil program baru. Apa lagi beberapa warga AS benar-benar khawatir dengan kedatangan program baru, khususnya berkenaan keamanannya.

Paling akhir, warga AS semakin tertarik dengan program lain seperti Facebook Messenger atau Skype. Mereka berasa lebih aman dengan program yang tidak demikian tampilkan info individu. Apa lagi, Facebook Messenger yang telah tersambung dengan account khusus Facebook mempermudah pemakai untuk tak perlu membuat account baru.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *