Perbandingan Spesifikasi dan Harga PS5, Xbox Series X, dan Xbox Series S

Posted on

Sony pada akhirnya mengeluarkan konsol game PlayStation 5 ( PS5) dalam satu acara yang diadakan online. Kamis (17/9/2020) dini hari. Dalam acara itu. Sony memberitahukan tersedianya dan harga PlayStation 5. Informasi ini diadakan kira-kira 1 minggu sesudah Microsoft memberitahukan harga serta tersedianya Xbox Series X serta Series S.

Dengan demikian. Sekarang info sekitar konsol game generasi paling baru alias next-gen. Garapan Microsoft serta Sony telah betul-betul terverifikasi. Baik itu dari faktor design detail atau harga serta tersedianya.

Desain

Di luar, PS5 yang tampil menawan dengan kombinasi warna putih serta hitam. Baik itu versus standard atau digital. Terlihat bertambah ramping dibandingkan Xbox Series X yang mengangkat design “gemuk” seperti balok.

Meskipun begitu dua mode PS5 berikut Xbox Series X. Nampak kalah singkat dengan Xbox Series S yang ukurannya disebutkan 60 % bertambah kecil dari “saudaranya”. Mode ini tampil sama warna putih. Bukannya hitam pekat seperti Xbox Series X.

Di atas kertas jika dibangun dengan cara vertikal menghadap ke depan. PS5 versus standard mempunyai tinggi 39 cm lebar 104 cm. Serta panjang 26 cm.

Sebab tidak ada laci (slot drive) untuk masukkan cakram (disc). Lebar versus digital sendiri sedikit bertambah kecil yaitu cuma 9,2 cm

Disamping itu. Xbox Series X bertambah pendek dibandingkan PS5 dengan tinggi 30.1 cm. Berikut lebar 15.1 cm. Serta panjang 15.1 cm.

Di samping ukuran berat PS5 serta Xbox Series X hampir sama. Berat PS5 versus standard tertera di angka 4.5 kg. Sedang Xbox Series X mempunyai berat 4,.45 kg. Disamping itu. PS5 versi digital sedikit bertambah mudah dengan berat 3.9 kg.

Mengenai dimensi ukuran serta berat tentu Xbox Series S sampai sekarang ini masih mirakelus. Mungkin beratnya semakin lebih mudah sebab ukurannya memang bertambah singkat dibandingkan “saudaranya” atau pesaingnya.

Performa

Disaksikan dari bagian perform. Xbox Series X sedikit bertambah oke dibandingkan PS5. Baik itu versus standard atau digital yang kedua-duanya mempunyai detail sama.

Tipe processor (CPU) yang memperlengkapi PS5 serta Xbox Series X sebetulnya sama. Yaitu CPU Custom AMD berdelapan pokok (8-core) dengan arsitektur Zen 2.

Tetapi, kecepatan. Alias clock speed Xbox Series X sedikit semakin tinggi dengan angka 3.8 GHz. Simultaneous Multithreading/SMT capai 3.6 GHz).

Kecepatan PS5 sendiri mentok di angka 3,5 GHz, sedikit bertambah rendah dibandingkan Xbox Series S dengan kecepatan 3,6 GHz (SMT capai 3,4 GHz).

Tidak cuma CPU, kekuatan bagian pengolah grafis (GPU) di ke-2 konsol garapan Sony serta Microsoft ini ikut tidak sama.

Sebetulnya, GPU yang digunakan kembali lagi sejenis sama, yaitu Custom AMD dengan arsitektur RDNA2, tetapi kekuatannya berbeda.

Di atas kertas, GPU PS5 mempunyai compute units (CUs) sekitar 36 unit (@2,23 GHz), dengan kemampuan capai 10,28 teraflops (TFLOPs), semakin tinggi dibandingkan Xbox Series X dengna 20 CUs (@1,565 GHz) serta 4 TFLOPs.

Sedang, GPU Xbox Seris X bertambah oke dibandingkan “saudaranya” atau PS5, yaitu dengan 52 CUs (@1,825 GHz) serta 12,15 TFLOPs.

Berubah ke bagian memory, PS5 serta Xbox Series X diberi dengan RAM GDDR6 memiliki 16 GB, sedang Xbox Series X “cuma” mempunyai RAM GDDR6 10 GB.

Media penyimpanan (storage) Xbox Series X sendiri, dengan kemampuan 1 TB, bertambah lega dibandingkan PS5 serta Series X yang mempunyai SSD 825 GB serta 512 GB. 

Khasnya, Xbox Series X serta Series S dapat jalankan game dengan frame rate sampai 120 fps di resolusi 4K (Series X) serta 1440p (Series S). Sedang, resolusi yang dibantu PS5 cuma mentok di 4K.

Harga dan ketersediaan

PS5 ada dalam dua mode, yaitu versus standard dengan laci cakram serta digital (Digital Edition) tanpa ada laci cakram. Begitupun dengan konsol game garapan Microsoft, dimana Xbox Series X ada dengan laci cakram serta Series S tidak.

PS5 edisi reguler dibandrol pada harga yang serupa tepat dengan Xbox Series X, yaitu 499 dollar AS atau seputar Rp 7,3 juta.

Disamping itu, PS5 Digital Edition dipasarkan pada harga yang tambah murah dibandingkan versus reguler. Yaitu 399 dollar AS atau seputar Rp 5,9 juta.

Meskipun begitu, harga itu masih semakin tinggi dibandingkan Xbox Series S yang dibandrol pada harga 299 dollar AS atau seputar Rp 4,4 juta.

Xbox Series X serta Series S sendiri gagasannya akan terlebih dulu dikeluarkan pada 10 November kedepan. Peminat dapat memesan pada 22 September.

Sedang PS5 versus reguler serta digital akan melaju 12 November kedepan di Amerika Serikat, Jepang, Kanada, Meksiko, Australia, Selandia Baru, serta Korea Selatan, cuma berbeda 2 hari sesudah peluncuran Xbox Series X serta Series S.

Satu minggu selanjutnya, persisnya 19 November, konsol game itu akan dikeluarkan dengan cara serempak di penjuru dunia. PS5 sendiri dapat dipesan mulai minggu ini di sejumlah negara melalui “beberapa toko ritel spesifik” relasi Sony.

Simak perbandingan spesifikasi lengkap PS5 versi standar, digital, Xbox Series X, dan Series S di tabel berikut, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Engadget, Kamis (17/9/2020).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *